動物たちの嘆き
Kesedihan para hewan
栄養のバランスを十分に考えた食事が終わると、きれいな服を着せて美容院へ。シャンプーとカットの後は、病院で健康診断。病気のことを考えて保険にの一口。最後はお葬式を出して、それから、購入しておいた霊園に、お墓を建てる。犬の話がある。たかが犬ごときに馬鹿馬鹿しく思わないが、とにかくペットブームはここまで来ている。もっとも、動物をこのような一方的な愛情の押し売りの対象、つまり愛がん動物として扱うことに疑問を抱き、社会の一員として受け入れ、共存を図ろうとする動きもある。犬を例を取れば、これまでように番犬や警察犬として人間の生活に役に立たせるために飼うのではなく、人間も犬も同じ動物だという立場からその権利を認め、社会生活における役割や楽しみを共有しようよいう人たちがいる。彼らはこのような人間と動物の新しいパートナーの関係を明確にするために、ペットの代わりにコンパニオン。アニマルという言葉を使い、動物と対等に付き合おうとしている。が、当の動物たちはどうだろうか。無理やり人間社会の枠組みに組込まれることなど、ありがた迷惑以外の何物でもないのではないだろうか。人間側の得手勝手なコンパニオン扱いは、犬側から言わせれば、愛がん動物、番犬の扱いと何ら変わるところはない。
Setelah selesai memakan makanan yang cukup bergizi, ia
dipakaikan pakaian yang indah dan pergi ke Salon kecantikan. Setelah dikeramas
dan potong rambut, ia menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit. Selain
mengenai penyakit, asuransi juga menjadi sesuatu yang dipikirkan. Yang Terakhir
adalah mengadakan pemakaman. Setelah makam dibayar dan sudah dipersiapkan, dipasanglah
sebuah nisan. Itu adalah salah satu
kisah dari seekor anjing. Jika kita memikirkan hal semewah itu hanya
untuk anjing belaka rasanya benar-benar konyol, tetapi itulah tren peliharaan
yang saat ini muncul . Hewan menjadi target hal-hal semacam ini atau dengan kata lain muncul sebuah pertanyaan
tentang bagaimana menangani hewan kesayangan dan mulai muncul gerakan yang
berkeinginan menjadikan hewan –hewan itu bagian dari anggota masyarakat serta
dapat hidup berdampingan dengan manusia. Contohnya saja seekor anjing. Sampai
saat ini anjing seperti anjing penjaga dan anjing polisi tidak hanya dipelihara
agar berperan dalam kehidupan manusia saja, ada juga orang-orang yang setuju
bahwa manusia, anjing dan hewan memiliki
hak yang sama, dan membagi kesenangan dan peran dalam kehidupan bermasyarakat
pada hewan itu. Agar memperjelas hubungan baru antara manusia dan hewan sebagai
partner baru, orang-orang ini mengganti kosakata ’peliharaan’ dengan ‘hewan
pendamping’ dan berusaha menciptakan
kesetaraan untuk para hewan. Tetapi bagaimana dengan hewan itu sendiri?
Apa dicocokkan dengan kehidupan masyarakat manusia yang berlebihan itu
adalah berkah untuk mereka ?
犬に限らず、牛や馬などに言えることであるが、動物は、いったん労働力として、あるいは、愛がん動物として飼われ始めてからは、自由に奪われ、人間社会という全く本来の生活環境とはかけ離された生活パターンの中で生きることを強いられるようになった。動物園やサーカスの動物などにしたところで、事情は全く同じである。人間社会の中で囲われて生きているうちに生存するための本能を失い、野生に戻されてもえさを得る術を知らず、ただ死を待つばかりである。このように、人間は今も昔も、形はどうであれ、無意識のうちに動物に対する虐待を続けてきた。
Tidak hanya anjing saja, hewan seperti sapi dan kuda
digunakan sebagai tenaga kerja manusia atau mulai dipelihara sebagai “teman”
dengan mengambil kebebasannya, memisahkan paksa mereka dari lingkungan asli
mereka dan membuat mereka mengikuti pola hidup yang monoton. Hewan-hewan yang
ada dikebun binatang dan sirkus juga mengalami situasi yang sama. Agar bisa
terus mempertahankan kelangsungan hidup ditengah-tengah lingkungan manusia, hewan-hewan
itu meninggalkan instingnya. Mereka tidak tahu cara untuk kembali ke alam liar
dan akhirnya hanya menunggu untuk mati. Jika seperti ini terus, manusia yang
sekarang maupun dulu, bagaimanapun bentuknya tanpa sadar terus melakukan
kekerasan pada hewan.
近年、動物実験の中止を求めて、世界のあちらこらで運動が繰り広げられている。モルモット、アウス、ウサギ、犬、猿などが、医療技術進歩の目的で、故意に感染、発病させられ、そのあげく、手術台へ送られメスを入られる。このような実験に使われる動物は、雑菌に冒されていてはいけないなどの厳しい条件があり、特殊な環境で繁殖、飼育される。また、保健所び収容された猫や犬なども実験用に用いられ、神経反応を調べるために死ぬまで固定された状態で脳に電気ショックを受けたり、普通の人間には正視に耐えらぬような扱いがなされる。実験のためだげに繁殖させられた動物たちへの残虐な扱いに対して、「動物虐待だ」「ごう慢な人間が安易に考え、神聖な命をもてあそびすぎている」と、動物実験に反対する人たちは、声を限りに訴える。
Dalam beberapa tahun terakhir, dibagian belahan dunia
manapun gerakan yang menuntut dihentikannya eksperimen pada binatang terus
meluas. Demi kemajuan teknologi medis, hewan-hewan seperti marmut, tikus, kelinci
dan monyet dengan sengaja diinfeksi, ditularkan penyakit dan dikirim ke meja
operasi. Hewan-hewan yang digunakan dalam eksperimen seperti ini
dikembangbiakkan dan dipelihara dilingkungan spesial yang steril untuk
menghindari tercemarnya mikroorganisme. Tidak hanya itu, kucing dan anjing
rumahan yang ada dipusat kesehatan juga dijadikan eksperimen. Otak mereka
diberi kejut listrik sampai mereka hampir mati hanya untuk memeriksa respon
saraf mereka. Orang biasa tidak akan tahan mendapat perlakuan seperti ini. Oleh
karena itu, semakin banyak orang yang menentang kekejaman pada hewan demi
sebuah eksperimen belaka ini. Mereka menganggap hal ini sebagai ” kekerasan
terhadap hewan” dan “manusia berpikiran sempit yang mempermainkan nyawa tak
berdosa” .
一方では、これは必要悪だという意見も、当然ある。牛や豚、鶏などの家畜を殺して食用にしているではないか。これは、人間という積を存続させんがためには、どうしても目をつぶらざるを得ないことなのだ。それと同じで、新しい医療技術や、新しく開発された医薬品は、好む好きざるとにかかわらず、動物実験という段階を踏まないことには、人間に応用するわけにはいかない。人間が病を克服し、少しでも長生きするためには、仕方のないことだとする論理である。動物が虐待されるのは見るに忍びないから、新しい医療技術も薬もいらない。病気になったらなったで、あえて運命には逆らわないというのであれば話は別だが、そうでなければ、いくら残酷だからいって動物実験をやめることはできない。これは、軽々しく反論できない意見である。
Disisi lain tentu saja ada yang berpendapat bahwa kekejaman semacam ini diperlukan. Bukankah
hewan domestik seperti sapi, babi dan ayam dibunuh untuk dijadikan makanan? Bagaimanapun
juga hal ini terpaksa dilakukan demi menjaga keberlangsungan hidup manusia. Suka
atau tidak jika eksperimen pada hewan ini tidak dilakukan, hal-hal seperti
teknologi kedokteran dan penciptaan obat baru tidak bisa diterapkan pada
kehidupan manusia. Logikanya, ada hal
yang terpaksa kita lakukan demi mengobati penyakit dan hidup lebih lama. Karena
jika kekerasan pada hewan tidak bisa kita tanggung, teknologi medis maupun obat
baru takkan ada. Seperti pada dasarnya kita sakit dan harus mengubah takdir
itu. Oleh karenanya seberapapun kejamnya hal ini, kekerasan pada hewan itu
tidak bisa dihentikan. Ini merupakan salah satu pendapat yang sulit untuk
disangkal.
人間は、多種多様な目的で実に多くの動物を義牲にしている。食料として、労働力として、さらには、愛がん用に、実験用にと数え上げれば切がない。同じ生命体であるにもかかわらず、自らの都合に合わせて利用し、虐待し続けてきた。我々は、そんな尊い犠牲の上に存在していることを忘れてはならない。かつて人は、日々の糧として動物の聖なる命を奪う時、神の恵みに対して深い感謝の祈りをささげたという。その敬けんな姿に、動物と人間との真の共存とは何かということが見えてくるような気がする。人間も動物も、それぞれが自然の一部を形成する対等の存在であり、それぞれに生きる場が与えられている。今一度、その原点に立ち返り「共存する」という問題を考えてみたい。
Manusia memiliki berbagai macam tujuan untuk mengorbankan
hewan. Entah sebagai makanan, tenaga kerja manusia, sebagai pendamping atau
objek eksperimen, kemungkinannya tak terbatas Meskipun kehidupannya berbeda,
kekerasan terhadap binatang terus berlanjut hingga kini untuk kenyamanan
manusia. Kita tidak boleh melupakan
pengorbanan berharga itu. Setiap
kita mengambil nyawa suci hewan-hewan itu untuk dijadikan makanan sehari-hari, kita
juga harus berdoa dan berterima kasih sepenuhnya atas anugerah Tuhan. Sebagai
wujud dari menghormati hal itu, maka akan terlihat bahwa hewan dan manusia itu
hidup berdampingan. Baik hewan maupun manusia memiliki keberadaan yang sama
sebagai bagian dari alam dan
masing-masing diberikan tempat untuk hidup. Sekarang cobalah pikirkan sekali
lagi mengenai masalah “hidup berdampingan” dengan para hewan itu dan asal-usul
kita yang sebenarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar